Thursday, April 5, 2012

77 Dalil StandUp Comedy by : @luqmanbhq

  1. In stand-up, ur material is the what, ur delivery is how, ur timing is when, and your character is who. – Jay Sankey-.
  2. Katanya: “become ur natural self as if u’re talking to ur family n friends in the living room abt sumthin u found funny”.
  3. “you have tons of material within your self,  called life”
  4. “Talk about something that you really have an opinion about”
  5. Oh iya buku ini ttg stand-up judulnya:”How to Effectively Express Your Comedic Point of View on Stage”.
  6. “Don’t try to be funny! Please don’t!”
  7. Your job as a comedian is just to bring up the topic or situation and convey urthoughts and feelings about the topic to the audience.
  8. “Say your audience then make your point in the act-out”
  9. Ahh ini penting! Dibuku itu ditulis: “support other comics because they will support you”
  10. “Talk about what I felt about situation or sumthin that got you frustrated”
  11. “Know who YOU are when talking to the audience”
  12. “Normal ppl express thr sense of humor by memorizing jokes; comics transform their life experiences into punchlines n write thr own jokes”
  13. “Its important to have someone to bounce your ideas off” kata judy carter tentang comedy buddy
  14. Materi stand-up, biasanya (nggak selalu) berbentuk set up lalu punchlines.
  15. setup isn’t funny part, but it s important part. If u cant get audience interested at beginning they r not to be there at the end of a joke
  16. Nah yang barusan juga dari buku Judy Carter.. Btw gua baru tau Judy carter itu cewe. Menarik, jadi tau humor dr sudut pandang cewe.
  17. Cara menemukan setup, Pilih topik, lalu tanya: “apa yang (wierd, hard, stupid, scary -pilih salah satu-) dari topik tersebut?”
  18. Yang terakhir itu cara gua sih, modifikasi dari caranya Judy Carter habis kalo cara dia kepanjangan :)
  19. Jadi misalnya topik tentang mudik. Gua bikin pertanyaan “What is (gua pilih) STUPID about mudik?” Habis itu bikin sekitar 20 jawaban.
  20. Kalo kata bang @ramonpapana don’t try to be funny, don’t tell a story, don’t tell a joke, relax.. Satu lagi apa, Bang? gw lupa :P
  21. Habis baca buku itu ternyata Comedy Buddy penting, ya? Siapa ya yg mau jadi Comedy Buddy gua?
  22. Catat!! RT @ramonpapana@luqmman don’t try to be funny, don’t tell jokes, don’t tell story, be serious and relax”
  23. Karena menurut gua ini penting jadi gua pengen ulang ah Ahh: “support other comics because they will support you”
  24. Ide datang bisa kapan aja. Comic biasanya bawa pulpen sm buku kecil. Di catat di hp atau ipad bisa, tp susah digambar dan di oret2 #yoitime
  25. Yg ga kalah penting jaga kesehatan krn show biasanya malem hari. Drpd pagi, joke lebih lucu dicritain malem apalagi di depan orang mabok :)
  26. habis baca buku salah satu cara biar gak lupa gua ceritain lagi, biasanya istri g jadi sasaran, maaf ya klo kalian skrng yg jadi sasaran :)
  27. kadang orang menyalah artikan stand-up sekedar melucu di panggung… walo hasil akhirnya hrs lucu tapi bukan dengan cara melucu… aneh kan?
  28. Di twitter suka ada hash tag atau topik yang lucu2 biasanya langsung rame kaya jaman “kapan kawin”… pada dasarnya itu punchline (cont)
  29. setupnya adalah “whats is scary about mudik dan ketemu sodara2?”
  30. kenapa dont try to be funny? krn kalo mencoba melucu biasanya cerita dibuat2… males kan kalo dengerin orang cerita dibuat2 biar lucu?
  31. beda sama ada kejadian di jalan, di rumah, di kamar mandi trus di ceritakan ulang… dari sisi lucunya.. pasti beda
  32. trus gimana biar orang tertawa? ..namanya ktawa ga bisa dipaksa emang.. tp kata Patricia Keith-Spiegel (silakan gugel) ada 2 alasan org tertawa 1. surprise 2. feel superior
  33. ada 6 alsn tambahan org tertawa : out of instict, incongruity, out of ambivalence, for release, when solving puzzle, regress
  34. tu tadi teori sih gua juga ga paham semua, tp seperti karate… sebelum dpt sense-nya pertama harus tau dan hafal gerakan “kata” dulu :)
  35. ada dialog film: “klo ada comic lain bilang lo lucu, jgn prcaya. krn klo lo bnr2 lucu, comic lain bakal diem krn iri” | smg disini gak gini
  36. dan ternyata Karakter itu penting buat komik…krn ktnya : with character, a comic can get laugh even with mistakes”
  37. Karakter dalam komik bisa dari tema yang di bawain, piont of view yang selalu sama, atau cara penyampaian… gitu katanya
  38. Jadi kebayang kalo udah punya karakter cuman ngomong “somebody gonna get ahurt real baaad” orang udah ketawa :D
  39. Dan sama kaya dikehidupan nyata karakter biasanya yang nemu /menilaiorang lain… jadi ternyata memang bener penting punya Comedy Buddy
  40. Bersyukurlah buat yang nemu character… gua belum… I NEED COMEDY BUDDYYY!!
  41. Selama ini comedy buddy gua istri gua.. tapi kadang dia ketawa bukan karena lucu tapi karena sayang ..terlalu subjectip #eaaaaaaaaaaaaaaaaa
  42. ada beberapa film tentang stand up Funny people, man on the moon, punchline, Comedian, King of comedy… apa lagi ya? ada yang tau?
  43. Oh iya.. kadang gua susah cari bahan materi… gua suka kagum sama penyiar radio mereka selalu nemu materi yang bagus…
  44. selain baru tau kalo Judy Carter itu cewe gua juga baru tau ternyata latihan di depan cermin juga kurang bagus buat Comic
  45. Latihan di depan cermin cocok untuk latihan sulap bukan comic … karena magician harus tahu detil gerakan ketika melakukan routine
  46. “Dont practice in front of a mirror or Vid. camera, U won’t looking at urself when u perform, so dont do it when U rehearse”
  47. Bukan berarti gak boleh… waktu lagi nyari materi bisalah di depan cermin dulu. Tapi kalo Rehearse.. ke comedy buddy atau Open Mic
  48. Kalo di luar negeri kaya Amerika banyak Kafe yg buka ‘Open Mic’ jadi enak.. kalo disini bisa latihan bareng Comedy Buddy
  49. Untuk Open mic di beberapa kota sedang dirintis di Jakarta yang udah rutin ada di Comedy Cafe Kemang tiap hari Rabu malam
  50. Di Yogya ada #Openmic di Djendelo cafe ada juga geronimo jadwal lengkapnya bisa tanya ke @oomimot atau @anang_batas
  51. Latihan Sambil nyetir juga tidak disarankan karena ketika perform mata biasanya pandangannya jauh (kaya waktu nyetir)
  52. Open mic biasa disebut juga amateur night biasanya yang dateng/tampil comic yang domisilinya sekitar lokasi open mic
  53. Badut dan Comic tujuan mulianya sama bikin orang tertawa tapi beda alat aja :D
  54. Kalo Badut harus pandai main mimik wajah, milih kostum, Jugling, belajar jatuh yg nggak sakit… dan itu susah
  55. Kalo Comic belajar bikin set up, observasi, nyari point of view yang tepat… dan bikin Punchline yang Killer! :D
  56. Walaupun di Indonesia nggak banyak terjadi tapi salah satu tantangan comic adalah ketika ketemu heckler
  57. kalo di sulap biasanya Heckler berusaha untuk membongkar trick yang dilakukan Magician
  58. kalo di comic biasanya teriak “yak Next”
  59. Tapi di Indonesia kayanya blm ada yang sekasar itu hecklernya, Alhamdulillah gw blm pernah ketemu yang kaya begitu.. klo di sulap, sering :D
  60. kalo kata Sun Tzu “keep your friend close and your enemy closer” :D
  61. kita hanya bisa “control the show not the Audience” makanya itu gunanya rehearse :D
  62. Stand up ga ada batasan usia selama masih bisa mengikuti semacam pakem yang ada di stand up :)
  63. Disulap ada yg baru mau mulai udah ada yang bongkar rahasianya… di Stand-up juga ada yg baru setup, ada yang teriak punchlinenya :D
  64. Heckler berusaha untuk membuat pertunjukan kita gagal… biar nggak gagal latihan… latihan terbaik.. OPEN MIC!
  65. kadang juga bukan karena Heckler… tapi karena kita bukan atau belum siapa2 jadi dicuekin… gua pernah
  66. Secara umum Materi stand up dibagi dua: ada set up dan punch line ( Tapi nggak di sebut di buku Judy Carter)
  67. Kalo set up kita menarik kita bisa “menangkap” audience dari awal sehingga resiko dicuekin kecil
  68. “Set Up is the first part of joke that sets up the laugh, Punch is the second part that makes you laugh” Step by step… -Grek Dean-
  69. Tapi sekali lagi patokan set up dan punchline itu teori… kaya rumus aja… kalo di panggung ya yang penting bikin orng ketawa. :D
  70. dan seperti yang @ismanhs bilang ke gua – “Laughter is the sincerest form of flattery.” So no worries.
  71. setelah persiapan dan naik ke panggung… habis itu harus ada review.. rekam setiap performance
  72. Oia di sulap ada mantra Ampuh untuk menanggulangi heckler “satu guru satu ilmu mohon jangan ganggu” kalo di stand-up apa yaaa????
  73. Kalo bisa pas open mic HARUS punya rekamannya supaya bisa dilihat mana bagian yang efektif dan mana yang harus dibuang
  74. Buat tau efektif apa tidaknya satu joke bisa diliat tertawanya audience
  75. Kita tidak pernah tahu siapa yang nge-Heckler kita… jadi ngajak ribut adalah cara yang paling jelek
  76. Kalo nggak punya video pake audio jg bisa… pake rekaman yg ada di HP trus kantongin pas naik panggung.. kekurangannya gesture ga kliatan
  77. eh semua yang gua tulis itu rangkuman dari buku ya… jadi habis baca buku biar gak lupa jadi gua share :D

No comments:

Post a Comment