Thursday, April 5, 2012

Standup Comedy & Comic ala @Adriandhy

  1. Mau berbagi sedikit tentang open mic buat yang seneng nonton Stand-Up Comedy Indonesia. Supaya bisa lebih menikmati dengan enak.
  2. Sejauh ini, yang bersedia memfasilitasi open mic rutin di Indonesia hanya Comedy Cafe Kemang. Dan itu bebas buat siapa aja.
  3. Yang perlu digaris-bawahi: open mic itu disebut juga amateur’s night. Itu semacam ‘test lab’ untuk latihan materi/delivery buat siapa aja.
  4. Makanya kalau ada open mic, @StandUpIndo menekankan, “Siapa aja yang mau nyoba, silakan! Langsung aja!” karena memang kesempatannya di sini.
  5. Yang kurang pas adalah kalau yang datang nonton ke open mic ekspektasinya tinggi & berharap comic-nya bakal lucu banget. 90%  lo akan kecewa.
  6. Open mic membantu buat tau mana joke yang efektif buat audiens mana yang tidak. Yang efektif, di develop lagi dan di re-write.
  7. Kalo udah bisa di develop, coba lagi di next open mic. Materi akan evolve dengan sendirinya. Comic2 dunia melakukan proses yang sama.
  8. Jangan heran kalau comic kesannya “materinya kok itu-itu aja”, memang begitu proses pematangan-nya. Makanya disebutnya ‘comedy ROUTINE’ :)
  9. Oiya, ada juga yang namanya “bombing” atau “nge-bomb”. Yang artinya kira-kira: ‘ngelucu depan orang yang stiff/serius banget’.
  10. ‘Bombing’/dikacangin itu juga penting. Harus ngerasain supaya pengalaman. Kata comic Dave Chapelle dia gak bakal sukses kalau gak nge-bomb.
  11. Jadi kalau mau open mic, jangan ragu-ragu. Observe dan tulis materi lo, tiap Rabu jam 8 malem langsung deh tes di Comedy Cafe Kemang!! :D

No comments:

Post a Comment