Thursday, April 5, 2012

Tips berani tampil dan tidak grogi by : @ramonpapana

Memulai stand up comedy bisa merasa diluar kemampuan dan menakutkan. Sebelum kabur dan tidak jadi, tips berikut bisa jadi dorongan:
1. Naik Panggung SEKARANG! Tidak ada tips dan diskusi yg bisa menggantikan Pengalaman! Learning by doing sangat penting dalam Stand Up Comedy. Kamu tidak akan tahu banyak tentang apa yang “ok” dan yang “tidak ok” sebelum kamu berada di panggung dihadapan penonton. Semakin banyak kesempatan “manggung” makin banyak kita bisa belajar. Banyak Comic terkenal yang tampil beberapa kali di satu malam dari open mic satu ke open mic lain. There is no subtitute for stage time in comedy, so make sure you’re getting lots of it. Ada yg menunggu berbulan bulan sebelum berani naik panggung dan akhirnya naik juga. Kenapa tidak sekarang saja? Kalau menunggu sampai “siap”, tidak akan!!
2. Don’t be afraid to Bomb! Kamu tidak akan disambut gelak tawa setiap kali kamu naik panggung! Apalagi diawal awalnya. Artinya, dari waktu ke waktu kamu akan menemukan bagaimana rasanya ketika Bomb (gagal). That’s OK! Bombing can be very useful. Kamu akan belajar bagian mana dari penampilan kamu yang tidak berhasil dan kemungkinan juga tahu kenapa. Fear can be a powerful motivator.
3. Keep Up with your Old Stuff. Biarpun kamu sedang mengerjakan materi\bahan baru, jangan lupa menjaga bahan lama kamu tetap segar. Mungkin kamu sudah punya set up yang bagus tapi disana ada Punchline dan Tag yang akan membuat sebuah Joke menjadi berfungsi lebih baik. Selalu ada tempat untuk improvement. Sekali-sekali kembali ke bahan lama dan lontarkan jokes lama dengan punchline atau Tag baru. Hal ini bisa jadi jalan ajaib untuk menembus kebuntuan kreatifitas dari pada memaksa bikin bahan baru padahal sedang “kering”.
4. Don’t Steal. Just don’t! Even “borrow” or “rephrase”. It’s never cool dan akan “menghabisi” karier stand up mu segera.
5. Stick to your time. Selalu berusaha mematuhi waktu yang diberikan oleh promotor, manager club atau organizer Open Mic. Adalah kasar dan tidak profesional bila melebihi waktu yang diberikan. Ingat bahwa setelah kita masih ada comic lain yang juga berhak atas tiap menit. Tapi juga tidak profesional bila tampil kurang dari waktu yang diberikan. Selain memberikan tekanan lebih kepada comic yang akan tampil berikutnya. Andaikan Bombing, tetap usahakan habiskan waktu yang diberikan. Kamu ingin membangun image sebagai profesional & menepati durasi adalah jalan yang baik.
6. Sangat penting merekam Video penampilan kamu dan mengamatinya untuk perbaikan. Apakah kamu bicara terlalu cepat? dll. Tapi jangan terlalu Obsess over it! Kl kamu over evaluate kamu akan kehilangan “kesegaran” dan spontanitas dalam penampilan berikutnya.
7. Hit the Club. Walaupun kamu masih merasa sangat pemula bukan berarti kamu tidak mulai mengunjungi stand up Show sesering mungkin! Dari penampilan tiap comic pasti bisa belajar sesuatu apalgi saya selalu katakan bahwa “kita tidak saja belajar dari yang pintar tapi juga dari kesalahan orang lain”. Kalo kita mau masuk kedunia stand up, ya bergaulah dikalangan itu. Kenal dengan sesama Comic, para promotor, Club owner, dll. Comedy is a community and the sooner you can become a part of it the better off you’ll be.
8. Make Nice with the audience. Mentang-mentang kamu pernah lihat comic lain insult penontonnya, bukan berarti kamu juga bisa begitu.(belum). Sangat menantang apalagi kalo kamu merasa terikat pada material atau kalau seseorang Heckling. Boleh saja bereaksi spontan tapi jaga juga seberapa jauhnya. Kamu tidak pernah tahu kalo penonton “salah tangkap” atas Joke kamu. Banyak comic punya cerita tentang seorang penonton “menunggu” dia setelah show.
9. Carry a Notebook with you. Kamu tidak pernah menduga kapan inspirasi menyerang kamu. Catat segera! Tanpa sadar kamu sudah punya awal dari sebuah penampilan.
10. Be Yourself. Jangan dengar saran dibanyak Comedy Site tentang bgmn meniru comic terkenal atau menulis dengan gaya comic top. Jangan hiraukan! Tdk ada yang mau nonton imitasinya @radityadika atau @pandji sementara yang aslinya is out there! Kamu tidak akan jadi apa-apa dengan meniru. Kamu ingin tampil sebagai Comic karena kamu lucu dan you love it! Dan itulah dua hal yang paling penting yang kamu butuhkan. Be true to yourself.
Sekian. Semoga bermanfaat. Sebagian adalah teori dari Patrick Bromley sebagian lagi from “the voice in my head”

No comments:

Post a Comment